Rabu, 29 April 2015

Seminar The Future of Cyber Crime

Nama :        M. ULYA ASRA
NPM   :        54411219
Kelas  :        4IA07

Nama Seminar                  :        On The Future of Cyber Crime
Narasumber                      :        Prof. Peter Hartel
Tanggal Seminar               :        22 Novermber 2011
Tempat Seminar                :        Bandung


          Seminar berjudul On The Future of Cyber Crime diadakan di gedung Labtek 8 lantai 2 ITB hari selasa 22 November 2011 pukul 14.00. Materi dibawakan oleh pembicara tamu yaitu Profesor Peter Hartel dari University of Twente (Belanda). Seminar ini diadakan gratis dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa pasca sarjana magister STEI ITB, salah satunya dari Teknologi Informasi.
Pada permulaan, Prof. Peter membahas mengenai keamanan data pada internet (jaringan) dari sisi user. Misalkan pada jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook dengan pemanfaatan jalur HTTPS yang lebih aman dibandingkan HTTP. Dibahas juga mengenai Art of Netique (kode etik jaringan), lambannya update teknologi keamanan, dan memberikan contoh kasus terjadinya pencurian sebuah laptop, dimana jika diamati, ada banyak faktor penyebabnya.
Terkait contoh pencurian laptop (notebook stolen), dijelaskan dengan sebuah kalimat “Crime is likely to occur when a potential offender meets with a suitable target in the absense of a capable guardian ”. Dengan kata lain, sebuah tindak kejahatan (di dunia nyata maupun jaringan), terjadi jika penjahat bertemu dengan korban yang tidak disertai dengan adanya pengamanan. Dari data yang ditunjukkan saat presentasi beserta diagram segitiga yang mengaitkan antara defender – victim – place, dapat diperoleh kesimpulan bahwa sebagain besar modus yang digunakan memanfaatkan kelemahan manusia, bukan sistem, dengan menggunakan teknik social engineering.
Prof Peter menjelaskan terkait bagian social engineering dengan pemisalan 3 orang pelaku (pada presentasi dicontohkan dengan Phil, Marry, dan Rob) yang bersekongkol untuk menuai keuntungan dari korban (dicontohkan dengan Bob dan Charlie). Bob adalah korban yang memiliki sebuah situs (mungkin e-commerce) beralamat di www.bob.com. Oleh Phil, hal ini dimanfaatkan dengan menduplikasi web miliknya Bob ke alamat baru dengan domain yang mirip yaitu www.b0b.com. Sekilas, siapapun tidak curiga dengan hal ini. Charlie adalah salah satu konsumen
Bob, memiliki e-mail di charlie@gmail.com, dan mengakses alamat www.b0b.com Kemudian Marry dan Rob yang membantu Phil sebagai pembantu virtual, dengan domain e-mail palsu (bulk e-mail), mengirimkan e-mail ke Charlie untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai bagian dari proses transaksi. Dari domain palsu www.b0b.com, ketiga pelaku dengan mudah bisa memperoleh alamat e-mail korban, bahkan password, dengan membuat halaman login palsu. Hal ini merupakan salah satu web scamming di dunia internet. Di Indonesia hal ini pernah terjadi untuk kasus
www.klikbca.com yang dimanfaatkan oleh para pelaku dengan alamat www.kilkbca.com, www.kiklbca.com dan alamat palsu lainnya, dengan memanfaatkan kelemahan user, dalam hal ini kesalahan ketik alamat di address bar browser dan kurangnya tingkat ketelitian dan kewaspadaan korban.
Dari pendekatan science untuk cyber crime, terdapat empat poin yang dijabarkan, yaitu : berikan penjelasan yang mudah dimengerti (human perspective) kepada user mengenai segala teknis dan hal lain terkait teknologi, cyber crime akan terus berkembang dengan berbagai ide baru, hindari percobaan yang lambat, dan pencegahan lebih baik dibandingkan menyelesaikan masalah yang telah terjadi. Itu sebabnya, selain sistem yang aman, sisi user juga perlu lebih waspada.
Prof Peter juga menjelaskan analogi perbandingan tiga hal di dunia internet dengan di dunia nyata. Pertama, analogi antara lisensi untuk bisa surfing di internet dengan lisensi untuk mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya. Kedua, analogi antara vendor perangkat keras komputer yang menjual terpisah dengan anti virus, firewall, dan alat keamanan lainnya dengan perusahaan mobil/motor yang menjual mobil/motor dengan rem yang dijual terpisah. Ketiga, analogi antara user yang tidak bisa mengutak atik sendiri (jika tidak memiliki kemampuan) terhadap
perangkat lunak, anti virus, sistem operasi dengan pengguna mobil/motor yang tidak bisa mengutak atik kendaraannya tanpa memiliki pengetahuan serupa dengan teknisi berlisensi dari perusahaan kendaraan bersangkutan. Dalam sesi pertanyaan, penulis sempat menanyakan mengenai bagian ini, terutama poin ketiga, jika dikaitkan dengan perbandingkan closed source prorietary dan open source prorietary, dimana adanya keterbukaan kode di dalamnya dan lisensi copy left. Prof Peter menambahkan, hal itu bisa dilakukan swadaya, namun kembali ke hal utama, perlu pengetahuan dan pemahaman mendalam dari user itu sendiri terhadap barang/alat yang akan diutak – atik tersebut.


Komentar Pribadi :
Penulis menerangkan bahwa narasumber membahas keamanan komputer dari sisi pengguna. Narasumber menyebutkan pelaku cyber crime ternyata lebih banyak memanfaatkan kesalahan manusia daripada kesalahan sistem. Kemudian narasumber memberikan contoh tindakan cyber crime dengan cukup baik. Setelah itu narasumber melanjutkan dengan memberikan analogi untuk memperjelas poin-poin yang ingin disampaikan bahwa kewaspadaan pengguna menjadi faktor penting dalam upaya pencegahan cyber crime.

Saya merasa penjelasan tentang poin-poin yang terdapat di seminar tersebut sudah cukup baik namun masih terdapat beberapa kekurangan yaitu terdapat beberapa bagian dari materi seminar yang kurang penjelasannya seperti pembahasan tentang HTTPS, kode etik jaringan, dan beberapa materi lain yang kurang dijelaskan di sini.

Review Website (Soundcloud.com)

Nama              :           M. Ulya Asra
NPM               :           54411219
Kelas               :           4IA07
Mata Kuliah    :           Pengantar Komputasi Modern


Logo SoundCloud

            Soundcloud.com adalah website berbagi audio online yang didirikan oleh Alex Ljung dan Eric Wahlforss. Awalnya website ini didirikan dengan maksud untuk memfasilitasi musisi di penjuru dunia untuk mempublikasikan karyanya dalam bentuk rekaman digital. Di luar dugaan, ternyata popularitas SoundCloud meningkat dengan pesat sehingga website ini ternyata digunakan oleh banyak musisi ternama untuk membagikan karya-karyanya dengan gratis, dan membuat mereka lebih dekat dengan fans.

Tampilan profil pada SoundCloud


Fitur-fitur yang disediakan SoundCloud adalah sebagai berikut :
a.      Sifatnya yang fleksibel membuat pengguna dapat membagikan rekaman audio di akun SoundCloud-nya ke website lain seperti media social Facebook, Twitter, dll.
b.      Pengguna SoundCloud dapat membuat atau bergabung ke dalam grup antara sesama pengguna.
c.       Pengguna SoundCloud dapat mendengarkan konten apapun sebebas mungkin, dan mengunggah rekaman ke profilnya dengan durasi sampai 180 menit tanpa dipungut biaya.
d.      SoundCloud menampilkan audio dalam bentuk gelombang (waveform) yang memungkinkan pengguna untuk memberi komentar pada bagian yang spesifik dari audio.
e.      API SoundCloud memungkinkan pengguna untuk mengakses akunnya melalui aplikasi smartphone.

Kesimpulan
            Soundcloud.com adalah website berbagi audio dengan banyak kelebihan melalui beragam fitur yang ditawarkannya seperti yang sudah dijabarkan di atas. Fitur-fitur itulah yang menjadi kunci kesuksesan dan meningkatnya popularitas SoundCloud di kalangan pengguna internet khususnya penggiat musik.
Di sisi lain website ini juga tidak lepas dari berbagai kekurangan diantaranya adalah sebagai berikut:
a.      Website ini tidak dapat menampilkan video
b.      Tidak semua rekaman dapat diunduh
c.       Pengguna tidak dapat menentukan format audio yang ingin diunduh
Terlepas dari segala kekurangan dan kelebihan yang terdapat website ini, soundcloud.com tetap menjadi salah satu situs web yang populer dengan berbagai fitur yang layak dicoba bagi pengguna internet yang senang berbagi rekaman musiknya.


Minggu, 19 Januari 2014

Membuat Air Mancur Menggunakan Blender



Nama : M. Ulya Asra
NPM  : 54411219
Kelas  : 3IA07





Kali ini saya akan menjelaskan cara pembuatan animasi sederhana berbentuk air mancur dengan menggunakan software Blender. Berikut ini adalah penjelasan mengenai Blender :

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render. (Wikipedia)


Berikut ini adalah tutorial pembuatan air mancur sederhana dengan menggunakan Blender :
Klik Shortcut Blender sebagai langkah awalnya
Shortcut Blender
Pilih objek kubus (dengan klik kanan), tekan S, perbesar ukuran kubus nya sesuai keinginan
Objek Cube yang diperbesar

                                                      
Tekan Shift + A, pilih Mesh, pilih Cylinder. Pindahkan posisi silinder tersebut ke dalam kubus
Menambah objek Cylinder

Pilih objek Cylinder tadi, kemudian pilih Physics di bagian kanan layar seperti gambar berikut

Pilih Physics untuk membuat efek fluid

Kemudian pilih Fluid, lalu pilih tipe Inflow, kemudian tentukan kecepatan dan arah semburan air mancurnya. Karena air mancur biasanya menyembur ke atas maka kita mengubah nilai Z dengan nilai positif (ke atas). Contohnya seperti di gambar berikut ini 

Animasi untuk objek Cylinder

Setelah mengatur animasi untuk Cylinder tadi, sekarang pilih objek Cube. Pilih Physical juga seperti tadi, kemudian pilih Fluid juga. Setelah itu pilih tipe Domain, tentukan waktu dimulai dan berakhirnya animasi. Setelah itu pilih Bake. Contohnya seperti di gambar ini 

Animasi untuk objek Cube

Proses ketika melakukan Bake memang agak memakan waktu jadi harus ditunggu sampai prosesnya selesai. Ketika proses Bake selesai, animasi sudah mulai terbentuk beserta timeline-nya. Sekarang ukita berikan warna pada air mancur tersebut. Caranya dengan memilih objek Cube, pilih Material, lalu pilih warna sesuai keinginan. Contohnya seperti gambar berikut ini

Tampilan dari menu Material

Proses pemilihan warna
Setelah warna ditentukan, sekarang kita atur output animasinya. Pilih menu Render, tentukan Frame Range dan Frame Rate nya. Frame Range adalah jumlah frame yang digunakan dalam animasi tersebut. Frame Rate adalah jumlah frame yang diputar dalam satu detik, satuannya fps. Setelah menentukan Frame Range dan Frame Rate, tentukan juga lokasi penyimpanan dan ekstensi file-nya. Setelah itu pilih Animation, lalu tunggu sampai selesai.

Tampilan menu Render 

Animasi sudah selesai berupa video dengan format AVI JPEG, berikut ini adalah hasil akhirnya

Hasil akhir

Ini videonya



Kamis, 10 Oktober 2013

Pengalaman Pertama Mengembangkan Sistem Informasi

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika pertama kali mengembangkan sistem informasi. Waktu itu saya membuat sebuah aplikasi pemesanan menu makanan dan minuman di restoran.

Saya membuat aplikasi tersebut menggunakan bahasa pemrograman java, menggunakan Netbeans IDE dalam proses pembuatan program, dan XAMPP untuk organisasi database MySQL. Tahap-tahap dalam proses pembuatan aplikasi-nya adalah sebagai berikut :
  • Membuat tabel database sesuai kebutuhan aplikasi
  • Merancang desain GUI
  • Membangun aplikasi dengan menuliskan kode-kode java,  seperti membuat eksepsi, menghubungkan database dengan program, dll
Aplikasi ini saya selesaikan dalam kurun waktu kira-kira 2 minggu. Ini merupakan aplikasi pertama yang saya buat yang berkaitan dengan sistem informasi yang tentunya masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan di dalamnya.




Senin, 05 Agustus 2013

Review Web


Salah satu situs web yang sering saya kunjungi dan akan saya review adalah ThisIsAnfield.com. Situs web tersebut berisi berita-berita terkini dan teraktual mengenai salah satu tim sepakbola di Merseyside, Inggris. Tulisan ini adalah sedikit penilaian saya mengenai situs web tersebut.

Pertama, mengenai konten yang ditampilkan di situs web ini, sesuai dengan penjelasan saya di awal tulisan, ThisIsAnfield.com menampilkan konten-konten yang berkenaan dengan salah satu tim sepakbola di Inggris. Konten-konten tersebut biasanya berupa berita transfer gossip, analisa strategi tim, artikel-artikel yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan sepakbola, dan lain-lain. Saya sendiri bisa jamin situs web ini sepenuhnya membahas tentang sepakbola sehingga pantas untuk dilihat oleh semua orang dari berbagai usia dan kalangan. 

Kedua, mengenai tampilan situs web, lamannya dibuat dengan HTML seperti biasa. Secara keseluruhan cukup menarik dan tidak terlalu "berat" untuk dibuka sehingga menarik untuk dilihat tanpa membebani bandwith.

Kesimpulannya, situs web ThisIsAnfield.com adalah situs web yang baik dan menarik untuk dilihat terutama bagi mereka yang merupakan fans salah satu tim sepakbola di Merseyside, Inggris tersebut.

Sabtu, 29 Juni 2013

Regresi Linier Sederhana Menggunakan SPSS

Analisis regresi digunakan untuk memprediksi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Analisis regresi juga dapat dilakukan untuk mengetahui kelinieritas variabel terikat dengan varibel bebasnya, selain itu juga dapat menunjukkan ada atau tidaknya data yang outlier atau data yang ekstrim.

Analisis regresi linear sederhana terdiri dari satu variabel dependen dan satu variabel independen.

Misalnya dalam suatu kegiatan penelitian ingin mengetahui apakah variabel X (nilai bahasa arab) berpengaruh terhadap variabel Y (nilai tafsir). Data penelitian adalah sebagai berikut :

NILAI BAHASA ARAB DAN NILAI TAFSIR SISWA SMPN W KELAS 2.
NO
NAMA
NILAI BHS ARAB
NILAI TAFSIR
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10
11.
12.
13.
14.
15
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
80
65
75
85
60
65
60
75
70
55
80
50
65
85
60
80
70
70
80
65
60
60
70
70
55
85
55
70
80
65

Proses analisis regresi dengan program SPSS (SPSS 11,5) adalah sebagai berikut :

  1. Entri data
    Mengentri data di atas ke dalam program SPSS (SPSS 11,5), caranya dengan memasukkan data ke dalam program SPSS 11,5. Setelah entri data selesai, tampilannya adalah sebagai berikut :
  2. Analisis regresi dengan program SPSS (SPSS 11,5)
    Analisis dimulai dengan melakukan pengaturan analisis. Klik Analyze kemudian klik Regression, lalu klik Linear. Seperti tampilan di bawah ini

    Setelah itu, akan keluar tampilan berikut :

    Selanjutnya lakukan pengaturan analisis, yakni :
    isilah kotak menu Dependen dengan variabel terikat, yaitu variabel tafsir dan kotak menu independen dengan variabel bebas, yaitu variabel bahasa arab. Sehingga muncul tampilan berikut :


    Selanjutnya klik kotak menu Statistics. pada kotak menu Regression Coefficients pilih (klik) kotak estimasi dan confidence intervals. Pada kotak menu yang lain klik Descriptives dan model fit. Sehingga muncul tampilan berikut :

Kemudian klik Continue.

Kotak menu Plots, berfungsi untuk menampilkan grafik pada analisis regresi. Misalnya pada analisis ini kita ingin menampilkan grafik, maka klik kotak menu Plots,. Kemudian blok DEPENDEN pada kotak menu sebelah kiri, masukkan ke kotak menu sebelah huruf Y dengan cara meng-klik tanda panahnya. Dengan cara yang sama blok ZRESID pada kotak menu sebelah kiri, masukkan ke kotak menu sebelah huruf X. kemudian klik Histogram dan Normal probanility plot yang terletak pada kotak menu Standardized Residual plots. Selanjutnya klik Continue. Tampilannya adalah sebagai berikut :

Klik kotak menu Options
  • Use probability of F menunjukkan nilai probabilitas,sebuah variabel dapat masuk atau tidak dalm persamaan. Nilai entry adalah 0,05 artinya jika nilai probabilitas suatu variabel kurang dari 0,05 maka variabel tersebut akan masuk dalam persamaan. Nilai removal 0,10 artinya jika nilai probabilitas variabel lebih dari 0,10 maka variabel tersebut akan dikeluarkan dari persamaan.
  • Klik inclide constant in equation, yakni untuk menampilkan konstanta persamaan garis regresi. tampilannya adalah sebagai berikut:


Selanjutnya klik Continue. Untuk melakukan analisis kliklah OK. Beberapa saat kemudian akan keluar outputnya, sebagai berikut :













Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual


Scatterplot



Berdasarkan tabel Coefficients, diketahui bahwa besarnya nilai t test = 6,530 sedangkan besarnya signifikansi = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian H0 ditolak yang berarti ada pengaruh variabel bahasa arab terhadap nilai tafsir. Dan dari tabel Coefficients di atas, kolom B pada Constant (a) adalah 16,234 sedangkan nilai bahasa arab (b) adalah 0,776. Sehingga persamaan regresinya adalah :

Y = a + bX

Y = 16,234 + 0,776X.

Untuk intepretasi selanjutnya dapat dilihat/dikaji dari output di atas

Source

Jumat, 03 Mei 2013

Membuat Halaman Web Berisi Biodata Diri

Kali ini pembahasan saya mengenai halaman web yang berisi biodata diri saya dan teman-teman kelompok saya. Halaman web ini dibuat untuk keperluan tugas mata kuliah Pengantar Web Science, kami menggunakan Software Dreamweaver CS5.

Berikut ini adalah screenshot dari page yang kami buat :


dan ini adalah biodata saya berikut page source :













 Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat.