New Media -- atau disebut juga Media Baru -- adalah sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergesi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi dan terhubung dalam jaringan (Wikipedia). Sederhananya, New Media adalah media yang terbentuk dari hasil interaksi antara manusia dengan komputer, khususnya internet (Kompasiana). Jika dilihat dari gaya hidup masyarakat global dewasa ini, internet adalah media yang paling mempresentasikan New Media. Begitu besar manfaat dan kemudahan yang ditawarkan New Media ini sehingga penggunanya melingkupi sebagian besar penduduk dunia, tidak terkecuali Indonesia.
Indonesia sendiri sedang mengalami pertumbuhan pengguna internet yang signifikan. Menurut data dari (www.apjii.or.id) tahun 1999 pengguna internet di Indonesia ada 1 juta orang, dibandingkan dengan tahun 2009 yang mencapai 33 juta orang. Trafik bandwidth Internet nasional pada 2009 ini mencapai 20 Gbps, khususnya yang melalui Indonesia Internet eXchange (IIX). Padahal pada 1999, bandwidth nasional baru mencapai 3 Mbps saja. IIX adalah tulang punggung lalu-lintas trafik Internet nasional yang dikelola oleh APJII.
Pertumbuhan pengguna Internet yang luar biasa tersebut disebabkan berbagai faktor, semisal karena semakin murahnya harga bandwidth hingga ke tangan pengguna akhir, tersebarnya warung Internet, hingga tersedianya akses Internet mobile. Operator-operator seluler lokal besar adalah yang menyediakan layanan Internet mobile tersebut. Trafik data dari ketiga operator tersebut cukup merepresentasikan pengguna selular di Indonesia, karena total jumlah pelanggannya mencapai sekitar 129 juta pelanggan yang merupakan 85% dari total seluruh pelanggan selular di Indonesia. Menurut catatan Badan Regulator Telekomunikasi Indonesia, lebih dari 90% pengguna Internet di Indonesia saat ini juga memanfaatkan layanan Internet mobile.
Di sisi lain, warnet memegang peranan yang signifikan dalam pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia. Menurut penelitian dari Yahoo-TNS pada Maret 2009, dari sekitar 1000 responden yang disurvei, 83% dari mereka pernah mengakses Internet dari warnet dalam kurun tiga (3) bulan terakhir.
Asosiasi Warnet Indonesia (AWARI) memperkirakan sekitar 50% dari total pengakses Internet di Indonesia datang dari warnet. Menurut AWARI, saat ini total warnet di Indonesia berjumlah sekitar 15 ribu unit, dengan rata-rata penggunaan bandwidth mencapai 1 Mbps. Rata-rata tiap warnet memiliki 12 komputer, dengan tarif sekitar Rp 4000 per jam dan tingkat penggunaan per komputer rata-rata 7 jam per hari untuk 7 pengunjung yang berbeda. Ini berarti secara rata-rata, pengguna akses Internet di warnet menggunakan waktu 1 jam per hari untuk aktifitas di Internet.
Data-data dan informasi di atas menunjukkan bahwa di Indonesia sedang terjadi sebuah fenomena dimana semakin besar minat masyarakat dalam penggunaan New Media khususnya internet. Peningkatan jumlah pengguna meningkat begitu pesat bahkan sekarang Indonesia berada di peringkat keempat pengguna internet di Asia (Tribunnews). Ini tentu saja merupakan hal yang positif bagi masyarakat Indonesia karena ini menunjukkan kalau bangsa kita tidak tertinggal dibandingkan negara lain dalam penggunaan New Media tetapi kebijaksanaan dan kewaspadaan tidak boleh diabaikan dalam penggunaannya.
Belakangan ini tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak terjadi penyalahgunaan media internet di Indonesia. Menurut data ICT watch, sekitar 72% pengguna internet masih belum menerapkan etika menggunakan internet. Akibatnya masalah yang ditimbulkan pun bermacam-macam karena pengaruh internet yang semakin besar di era globalisasi ini.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar